Awal Mula Situs-situs Terpopuler di Internet

Ayo kita bahas sejenak sejarah situs-situs di internet!

Royal Pingdom mendaftar beberapa situs terpopuler yang masih bertahan dari awal dia berdiri hingga sekarang. IMDB menjadi situs tertua dalam daftar tadi, sudah dimulai sejak tahun 1992. Contoh populer lain: Yahoo dibuka 2 tahun kemudian, Google pada 1998, Wikipedia 2001 dan Facebook tahun 2004.

Tulisan di Royal Pingdom juga memberi kita pelajaran sejarah singkat tentang internet:

  • Tahun 1995-1996 adalah masa yang dikenal dengan nama “dot-com bubble“, ketika bisnis di internet menggelembung luar biasa dan banyak situs-situs baru bermunculan. Banyak dari situs ini kemudian mati dengan cepat karena tak punya rencana bisnis yang bagus, tapi ada pula beberapa yang masih bertahan hingga saat ini.
  • Tahun 2000-2001 adalah masa ketika dot-com bubble tadi meletus, banyak situs yang tutup. Jika kita lihat pada daftar pada artikel Royal Pingdom, ada 15 situs besar yang dimulai pada tahun 1995-1996 dan hanya ada 1 situs besar yang masih bertahan yang dimulai pada 2000-2001 (Wikipedia, yang bersifat non-profit).

Internet year tidak sama dengan tahun-tahun biasa: sepanjang 17 tahun masa hidup IMDB begitu banyak perubahan yang terjadi. Prestasi luar biasa bahwa ada situs yang bisa bertahan lebih dari 10 tahun di dunia maya. Salut!

Trivia: Situs web pertama muncul dibuat pada 6 Agustus 1991. Uniknya, nama domain komersial pertama, symbolics.com, telah ada sejak 15 Maret 1985. Ini karena Internet telah ada jauh sebelum diciptakan World Wide Web (yap, Internet dan WWW adalah dua hal yang berbeda!)

Ada yang tahu perbedaannya?

Tag:, , , , ,

About Hafiz Rahman

My job involves randomly breaking into sick air guitar solos.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: