Bagaimana Sudoku Grab Bekerja: Mengenali Gambar Puzzle Sudoku dari Foto

Sudoku Grab adalah aplikasi iPhone yang menarik: kamu tinggal ambil foto dari puzzle sudoku yang kamu temui (dari koran atau buku misalnya), dan dia akan otomatis merubah foto tadi menjadi puzzle yang bisa dimainkan di iPhone-mu. Kalau kamu mau, dia juga bisa memecahkan puzzle tersebut secara lengkap.

Pintar, ya?

Nah, baru-baru ini pembuat aplikasi tersebut menjelaskan sendiri bagaimana Sudoku Grab bisa mengenali gambar puzzle di foto. Singkatnya, dia menggunakan berbagai teknik algoritma pemrosesan citra (image processing) untuk mengenali kotak-kotak dan angka-angka di dalam foto untuk kemudian dirubah menjadi puzzle yang bisa dimainkan.

Pertama-tama Sudoku Grab menggunakan teknik thresholding untuk mengenali garis-garis grid di dalam foto, dibantu dengan Hough transform untuk mendeteksi empat titik sudut dari puzzle. Apabila kotak yang dideteksi masih miring karena sudut pengambilan gambar tidak lurus dari atas, ditambahkan juga transformasi perspektif sampai didapat grid puzzle yang sempurna.

Hasil dari thresholding dan hough transform

Setelah beres, tugas selanjutnya tinggal mengenali angka-angka pada foto dan meletakkannya pada grid. Ini sudah masuk bidang pengenalan karakter (dan lebih luas lagi pengenalan pola). Sudoku Grab memakai teknik jaringan syaraf tiruan untuk mengenali angka-angka: jaringan terlebih dahulu dilatih dengan sekumpulan angka yang sudah dikenali, sehingga ketika berhadapan dengan sebuah foto dia bisa menggunakan hasil latihan tadi untuk mendeteksi angka.

Bisa dibilang Sudoku Grab menggunakan teknik-teknik umum dalam pemrosesan citra untuk memecahkan masalah yang menarik. Jika kamu tertarik atau memang sedang mempelajari pemrosesan citra, artikel tadi layak untuk dibaca sampai habis (ini saya beri linknya lagi, because it’s just that awesome).

Tag:, , , , , ,

About Hafiz Rahman

My job involves randomly breaking into sick air guitar solos.

One response to “Bagaimana Sudoku Grab Bekerja: Mengenali Gambar Puzzle Sudoku dari Foto”

  1. RukmaPratista says :

    Hoooooo, jadi inget skripshit.
    _ _’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: