Selalu ada, selalu siap sedia.

Kemarin aku menginstal Carbodroid di teleponku. Aplikasi berpenampilan lucu dan sederhana ini berguna untuk mencatat dan memperlihatkan seberapa banyak kita minum air setiap hari. Akhir-akhir ini aku merasa kurang enak di badan yang rasa-rasanya adalah gejala dehidrasi, jadi aku berharap aplikasi ini dapat membantu.

Aplikasi semacam ini rasanya sangat cocok dan hanya cocok digunakan di smartphone, sebuah device yang mudah dan selalu dibawa ke mana-mana. Sulit membayangkan seseorang bisa rutin mencatat konsumsi air minum jika aplikasi ini ada di desktop. Di tablet pun rasanya terlalu repot.

Di sini keunikan sebuah device kecil semacam smartphone yang membedakan dengan device lain-lainnya: selalu dibawa pemiliknya, dan bisa digunakan sewaktu-waktu secara instan.

Poin dua ini juga penting. Sebuah laptop, misalnya, dari kondisi mati sampai bisa digunakan masih makan waktu beberapa menit. Di smartphone, tinggal unlock, buka aplikasi, jalankan fungsinya, selesai. Cukup beberapa detik.

Para pengembang aplikasi mobile device bisa mengamati kedua keunikan tersebut untuk melihat peluang-peluang baru: aplikasi bagaimana yang bisa berguna di sebuah alat yang selalu ada dan selalu siap sedia?

About Hafiz Rahman

My job involves randomly breaking into sick air guitar solos.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: