Membuat File EPUB

Membaca buku selalu menyenangkan. Dikombinasikan dengan ebook reader yang nyaman dipakai, maka kita bisa menyimpan dan membaca banyak buku elektronik secara praktis dan hemat.

Selama ini kita mengenal file PDF sebagai format buku elektronik yang paling umum. Tetapi sebenarnya, format file yang standar untuk buku elektronik adalah EPUB. Dalam pengalamanku, file EPUB umumnya berukuran jauh lebih kecil dibanding PDF dan lebih enak dibaca di ebook reader. Kenyamanan ini terutama karena teks dalam file EPUB lebih fleksibel: dapat diatur tipografinya sedemikian rupa sehingga gampang menyesuaikan kebutuhan kita. Ingin font lebih besar, bisa. Ingin jarak antar spasi lebih kecil, bisa. PDF tidak bisa seperti ini.

Penasaran, kemarin aku mencari tahu bagaimana cara membuat file EPUB. Ternyata tidak terlalu sulit.

Pada intinya, konten sebuah EPUB diformat dengan XHTML, sama dengan yang digunakan di Web. Jadi, kalau kamu paham dengan XHTML (tidak terlalu sulit untuk dipelajari), kamu otomatis bisa membuat file EPUB.

Garis besarnya begini. Teks buku yang ingin kita buat diformat biasa dengan XHTML. Tiap satu bab bisa dimasukkan dalam satu file XHTML, jadi nanti ada beberapa file XHTML. Menampilkan gambar pun bisa, sistemnya sama menggunakan tag img di XHTML. Dan karena ini XHTML, maka kita bisa memakai CSS pula untuk stylingnya.

Setelah file XHTML-nya lengkap, tinggal tambahkan beberapa file tertentu. File-file ini bertugas mengatur daftar isi, memberi metadata buku, dan sebagainya. Untuk ini sudah ada tutorial yang bisa diikuti. Tidak susah, dan kita bisa memakai file-file contoh yang disediakan di tutorial tersebut. Tinggal copy-paste dan edit sebentar.

Setelah file-file tambahan tersedia, tinggal di-zip semuanya. File zip tadi diubah ekstensinya menjadi .epub, dan selesai sudah! File sudah bisa langsung dimasukkan ke ebook reader, atau diconvert menggunakan Calibre menjadi format-format yang lain.

Kindle, misalnya, tidak bisa membaca EPUB. Jadi perlu diconvert dulu dari EPUB menjadi MOBI yang dikenali Kindle.

Kesimpulannya, membuat ebook berformat EPUB ternyata tidak susah. Dan sepertinya lebih bagus jika kita memulai membuat buku dengan format ini. Karena formatnya standar, ia mudah dikonversi menjadi format lain (mobi, pdf, dan lain-lain) menggunakan Calibre. Jadi kita tidak perlu bekerja dua kali untuk membuat format-format lainnya.

Sebenarnya ada juga aplikasi yang membantu kita membuat file EPUB (Adobe InDesign, misalnya). Tetapi aku sudah coba membuat dengan teks editor biasa dan tidak susah sama sekali.

Tertarik? Ikuti tutorial ini.

About Hafiz Rahman

My job involves randomly breaking into sick air guitar solos.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: